SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, UNTAIAN SEDERHANA NAMUN SARAT MAKNA

Senin, 10 Desember 2012

Resep Pempek

Sejak kecil, walaupun bukan asli orang Palembang, ayah saya mengenalkan pada jenis makanan berbahan dasar sagu dan ikan tengiri. Namanya pempek. Rasanya enak...banget. Bahkan saat membelinya dulu, saya selalu dapat porsi 2 piring saking sukanya dengan makanan ini. Sejak kepindahan ke Solo mengikuti suami, saya sering kali merindukan jenis panganan ini. Beberapa jenis warung pempek saya datangi, dan memang rasanya tidak seenak langganan saya di Depok dulu. Iseng saya browsing resep, ingin buat sendiri. Jadinya ? Ya tetap tidak seenak rasa pempek langganan saya, hehe. Tapi, karena suka banget, ya dinikmati saja :D





Ini ada satu resep yang saya dapatkan dari seorang teman yang asli palembang. Untuk foto belum di upload, karena setiap buat, nggak pernah di foto.

Bahan :

Ikan tenggiri 500gr
Sagu Tani 500gr
5 siung bawang putih (atau sesuai selera)
1 butir telur ayam
Air putih sekitar 200 ml
Penyedap rasa (kalau mau, aku sih gak pake)
Garam
Caranya: 
1. ikan, telur, garam, sama bawang putih yg udah dihaluskan diaduk rata (aku pake mixer mba...)

2.masukkan air dikit demi dikit. aduk sampe mengental n adonan rata menyatu. kalau udah baru diamsukin  tepungnya nah bagian ini diaduk pake tangan aja,

Adonananya emang gak kalis, jadi kalau mau ngebentuknya tangan kita yang sering2 dilumuri pake sagu tani. semakin banyak tepungnya semakin keras hasilnya mba. kalau mau lebih terasa ikannya takaran tepungnya dikurangi aja airnya juga.
kalau yang resep ini cukupan deh terasa ikannya, hasilnya lembut gak keras. digoreng sudah berjam2 juga gak mengeras kok.

Resep cuka :
 Bawang merah, bawang putih, cabe, asam jawa, garam, gula jawa, ditumbuk jadi satu.
rebus bersama air putih. Diamkan semalam, saring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang copas tulisan di blog saya, mohon sertakan link ya....thx...