SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, UNTAIAN SEDERHANA NAMUN SARAT MAKNA

Senin, 10 Desember 2012

Resep Kroket Gandum

Ini salah satu resep yang dibuat saat kursus tataboga di Islamic Centre. Tapi, kebetulan saat eksekusi resep ini saya sedang tidak ada di tempat. Sebenarnya dari dulu saya incar resep ini, sudah dapat dari hasil browsing, tapi belum saya coba. Pas sekali ada resep yang sudah teruji. Resep ini saya copas dari blog seorang kawan kursus.



Bahan:

  1. terigu 1/4 kg disangrai 5-8 menit (hati2 bawahnya gosong)
  2. ayam bagian dada1, direbus dengan air 75 ml (2,5 gelas), suwir2
  3. 1 sachet kecil susu bubuk full cream campur air kaldu 75 ml (penting: jgn pake SKM karena terlalu manis)
  4. tepung panko yang kuning 1/4 kg lebih dikit
  5. bawang bombay 1 iris kecil
  6. pala bubuk 1 sdt atau 1/2 pala utuh yang telah dihaluskan dan diberi air
  7. merica halus 1sdt
  8. gula 1 ons/ 4-5 SDM
  9. garam 1/2 sdt (jangan banyak2 karena resep asli pantang garam)
  10. royco ayam 1
  11. margarin 1 sachet 200 gr
  12. telur kuning 4 untuk adonan
  13. telur putih 4 dan 5 SDM air dikocok untuk lumuran panko
  14. minyak goreng
Cara:
  1. tumis bawang bombay dalam 200 gr mentega, masukan ayam sampai harum.
  2. masukan pala, merica, garam, gula, royco, dan susu yang sudah dicampur kaldu.
  3. sebelum mendidih masukan kuning telur. 
  4. setelah agak mendidih masukan terigu yang telah disangrai sampai kaals (bisa dibentuk)
  5. matikan apai dan selagi adonan panas, langsunbg cetak bulat.  untuk adonan 1/4 tepung bisa menjadi 40-50 buah.
  6. celupkan ke telur putih, celupkan ke tepung panko, celupkan lagi ketelur, dan ke tepung panko lagi (2x pelapisan)
  7. masukan ke dalam kulkas minimal 1 jam untuk mendapat hasil renyah
  8. goreng dan sajikan..

2 komentar:

  1. hari ini aku mau buat kroket ini... Insyaallah :)

    BalasHapus
  2. baru kebaca nik..hehe...gara2 salah setting template lagi :D

    BalasHapus

Yang copas tulisan di blog saya, mohon sertakan link ya....thx...