SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, UNTAIAN SEDERHANA NAMUN SARAT MAKNA

Senin, 10 Desember 2012

Cara Membuat Boneka Jari

Hm, sedikit cerita dulu, ya ? Saya tipe orang yang tangannya susah sekali untuk diam. Karena sebab itu, saya suka mempelajari keterampilan yang melibatkan fungsi tangan saya untuk menjadikan suatu karya. Sebenarnya, karya ini biasa saja. Hanya saja ada nilai lebih buat saya sendiri. Yaitu, waktu belajar keterampilan kain flanel ini terbilang sangat singkat. Waktu itu saya diajari seorang teman SMU membuat kunciran rambut berbentuk bunga. Satu thok ! dari pelajaran singkat tersebut, saya bisa melatih dan berbagi ilmu pada anak-anak sekitar, dan saya mendapatkan fee melalui keterampilan ini.

Makin diselami saya makin penasaran. Akhirnya, saya membeli beberapa buku yang masih berkaitan tentang karya dari flanel ini, juga meminjam buku dari salah satu teman. Setelah lulus kuliah, sambil menunggu panggilan kerja, saya buat berbagai macam aksesoris, lalu menjualnya. Lumayan deh, bisa balik modal (waktu itu modal saya 500rb).

Dan, satu waktu, saya iseng menawarkan diri untuk membuatkan boneka jari yang gambarnya saya ambil dari hasil searching internet. Ternyata orangnya mau. hahay, jadilah boneka jari ala saya ini dibuat. Dan, setelah itu, ada tawaran dari teman untuk memberikan pelatihan pada anak-anak sekolah dasar untuk mengisi liburan mereka.

 Ini nih gambar boneka jarinya....



Lucu, kan.......? hehe

Saya juga baik loh ! Ini saya kasih cara buatnya ya...




Alat dan Bahan :

  • Kain flannel warna kuning, putih, oranye (selera)
  • Lem lilin
  • Tembakan untuk lem
  • Pensil dan kertas dupleks untuk  membuat pola
  • Manik-manik hitam
  • Gunting
  • Benang jahit warna kuning, hitam
  • Dakron
  • Tusuk Sate

Cara Membuat

Bagian kepala
  • Gunting bagian dasar kepala sesuai pola
  • Beri salah satu bagian kepala tersebut dua buah mata, jahit dengan warna benang yang sesuai.
  • Gabungkan kedua buah bagian kepala, jahit dengan tusuk feston.
  • Sisakan sedikit lubang jahtitan untuk memasukan dakron, setelah penuh, taruskan jahitan.
  • Beri tambahan flannel menyerupai cangkang telur yang pecah dibagian kepala, temple dengan lem tembak.
  • Beri tambahan flannel dibagian mulut anak ayam.

Bagian badan :
  • Gunting bagian badan dan tangan sesuai dengan pola yang telah dibuat
  • Jahit dengan menggunakan tusuk festoon disetiap sisinya, sisakan pada bagian bawah untuk tempat masuknya jari.

Penyelesaian :
  • Gabungkan flannel bagian kepala ke bagian badan dengan menggunakan lem tembak
  • Beri tangan pada bagian badan.
SELAMAT MENCOBA SAHABAT !





1 komentar:

Yang copas tulisan di blog saya, mohon sertakan link ya....thx...